cool hit counter

PDM Kabupaten Sikka - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Sikka
.: Home > Berita > 246 Mahasiswa IKIP Muhammadiyah Maumere Mengikuti Pembekalan Magang Ke-3

Homepage

246 Mahasiswa IKIP Muhammadiyah Maumere Mengikuti Pembekalan Magang Ke-3

Minggu, 01-10-2017
Dibaca: 422

foto: ikipmumaumere.ac.id

 

lp3m.ikipmumaumere.ac.id (06/09) | LP3M Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Maumere memberikan pembekalan Program Magang ke-3 kepada 246 mahasiswa peserta magang tahun 2016/2017. Mereka berasal dari 8 Prodi yakni Prodi Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris.

 

Program Magang  diselenggarakan sebagai upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan, dan peneguhan sikap yang dilakukan melalui belajar dengan berbuat (learning by doing). Prinsip Program Magang ini adalah magang profesi kepada mahasiswa calon guru dan bertahap.

 

Dengan pembekalan untuk Magang, diharapkan memberikan pengetahuan kepada mahasiswa terkait tugas dan kewajibannya ketika berada di sekolah sebagai wawasan mengenai bagaimana mengajar yang sesungguhnya (real teaching). Mahasiswa magang diharapkan mampu membangun landasan jati diri calon guru melalui kegiatan pengamatan langsung kultur sekolah. Mahasiswa magang mampu mengenal secara cermat lingkungan fisik, administratif, akademik dan lingkungan sosial sekolah.

 

Dengan mengikuti program magang, mahasiwa terlatih untuk mengenal lingkungan sekolah, baik terkait dengan administrasi akdemik sekolah maupun situasi dan gambaran lingkungan sekolah secara umum. Selain itu, mahasiwa calon pendidik berlatih membiasakan diri dengan keadaan dan tuntutan sekolah dalam rangka mencapai suatu proses pembelajaran yang efektif dan efisien yang bermuara pada capaian prestasi siswa yang berkualitas sesuai yang diamanatkan di dalam kurikulum  nasional.

 

Pada prinsipnya, dengan menjalani Program Magang, mahasiswa berusaha untuk membangun kompetensi dasar pedagogik, kepribadian dan sosial. Program Magang juga diselenggarakan dalam rangka menyiapkan tenaga kependidikan yang terdiri dari: guru mata pelajaran, guru  pamong dan tenaga kependidikan lainnya.

 

Setelah mengikuti Pembekalan, selanjutnya mahasiwa peserta Program Magang ke-3 ini dilepas untuk melaksanakan tugas Magang di sekolah-sekolah di kawasan Kabupaten Sika. Pelepasan mahasiswa Magang dilakukan oleh Rektor IKIP Muhammadiyah Maumere, H. Rodja Abdul Natsir, S.H., M.Pd., dihadiri oleh para dosen pendamping dari 8 Program Studi IKIP Muhammadiyah Maumere.

 

Sumber: ikipmumaumere.ac.id

 


Tags: IKIP Muhammadiyah Maumere, Pembekalan Program Magang
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: Berita Perguruan Tinggi Muhammadiyah



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website